Selasa, 05 November 2013

Ikan Dewa, Ikan langka dari Kuningan.

Ikan Dewa, Ikan langka dari Kuningan.
ikan-dewa-kuningan
Ikan Dewa Cibulan
Kuningan123 | Salah satu jenisa ikan langka di dunia salah satunya berada di Kuningan. Ikan dengan nama Labaebarbus dournensis atau lebih dikenal dengan ikan dewa, ikan keramat atau ikan kancra bodas dari daerah Kuningan. Ikan ini hanya ada ditempat tertentu seperti Cigugur, Cibulan, Darmaloka atau daerah Pasawahan.

Ikan ini mirip dengan ikan mas, yang membedakan adalah dari warna tubuh dan sisiknya.

Menurut masyarakat setempat, ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat terhadap keberadaan ikan dewa. Diantara cerita yang ada adalah bahwa ikan dewa pada mulanya merupakan ikan yang ditanam oleh tokoh ulama penyebar Islam di Kuningan yaitu Rama Haji Irengan. Diyakini ikan ini memiliki alur khusus dari beberapa tempat  di atas. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita-cerita tersebut, keberadaan ikan dewa wajib kita lestarikan.


Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian ikan dewa, bagi Anda yang tertarik untuk lebih mengenal ikan langka ini bisa berkunjung ke Objek Wisata Alam Cigugur.

Ikan dewa termasuk ikan yang cukup jinak dan bersahabat dengan manusia. Bahkan bagi sebagian orang, berenang bersama ikan dewa dan berinteraksi langsung menjadi kesenangan tersendiri. Di Objek Wisata Alam Cigugur, selain disuguhkan dengan keunikan ikan dewa, Anda juga bisa merasakan sensasi terapi ikan alami bagi kesehatan tubuh. Keunikan dari terapi ikan Cigugur adalah ikan tersebut asli dari habitatnya, bukan sengaja ditanam disana. Terapi ikan alami diyakini dapat mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit, stroke, pegal-pegal, atau hanya sekedar untuk mengurangi kejenuhan dan stress.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung mengunjungi Objek Wisata Alam Cigugur yang letaknya hanya 5 menit dari Kota Kuningan ke arah barat. Wisata pemandian Cibulan 10 menit kearah Utara. 15 Menit dari Kuningan kearah Barat Daya kecamatan Darma dengan Wisata Darmaloka. 20 Menit kearah Barat Laut Kecamatan Pasawahan.

Sumber : Kuningan News
Gambar : 1001wisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini.