Selasa, 05 November 2013

Budaya Kawin Cai diramaikan warga Kuningan.

Budaya Kawin Cai diramaikan warga Kuningan.
Upacara Kawin Cai

Kuningan123 | Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan usaha bercocok tanam, warga Desa Cibulan dan Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan menggelar upacara adat Kawin Cai, Kamis (17/10/2013) di lingkungan mata air sumur 7 Cibulan dan Balong Dalem.

Upacara yang rutin dihelat tiap tahun ini berupa ritual mencampurkan air dari sumur 7 dan air yang ada di Balong Dalem. Ritual ini sudah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Babakanmulya. Waktunya adalah setiap malam Jumat Kliwon Bulan Rowah.

Sebelumnya, masyarakat terlebih dahulu menggelar beragam kesenian tradisional dan pasar malam yang memperjualbelikan beragam hasil bumi. Tradisi ini dinilai sangat unik, sehingga tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang untuk ikut menyaksikan.

Saat upacara Kawin Cai digelar, Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda ikut hadir. Kehadirannya disambut hangat warga dengan prosesi Ki Lengser. Oleh Kepala Desa Babakanmulya, Bupati Aang dikalungi bunga melati sebagai salah satu bentuk penghormatan.

Bagi masyarakat sekitar, upacara Kawin Cai ini dinilai perlu terus dilestarikan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mensyukuri melimpahnya sumber daya alam baik itu berupa air maupun kesuburan tanah, sehingga usaha bercocok tanam mereka selalu memuaskan

Sumber : Kuningan News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini.